Tips Menjalani Kesibukan Bagi Pelajar

Sebagai pelajar khususnya kalangan SMA atau SMK yang mulai meranjak usia dewasa, mungkin kita akan mulai mengerti seperti apa rasaya sibuk itu. Mulai dari tugas sekolah, agenda kegiatan organisasi atau komunitas baik di sekolah maupun di luar sekolah, atau ada yang melakukan pekerjaan sampingan untuk mulai belajar mandiri. Mulai dari sini kita akan mulai mengerti arti hidup yang sebenarnya.

sumber gambar


Mungkin tidak sedikit dari kita yang sering mengeluh dengan apa yang terjadi dengan kehidupan kita saat ini. Bahkan sampai membuat kita ingin kembali ke masa lalu dan menjadi anak kecil lagi. Tentu saja, saat-saat itu sangat menyenangkan. Kita bisa bermain sepuasnya tanpa memikirkan banyak beban yang membuat kepala pusing. Tapi kita semua tahu, kita tidak akan bisa menikmatinya lagi, untuk alasan apapun itu, kita tidak bisa mengubahnya karena memang inilah alur kehidupan. Kehidupan ini bukanlah cerita fiksi dimana kita bisa mengkreasikan alur cerita semaunya.

Berikut adalah beberapa tips dariku untuk memudahkan kita dalam melakukan kesibukan:

1. Menentukan dan Mengutamakan Prioritas

Tentunya tidak hanya ada satu aktivitas yang harus kita lalui, terdapat banyak hal yang harus kita lakukan. Dari situ kita harus bisa menentukan apa yang menjadi prioritas kita dan apa yang menjadi opsional. Jangan sampai kita mengutamakan opsional dan meninggalkan prioritas kita. Misal saja kita memiliki tugas sekolah yang belum terselesaikan dan harus mengerjakan proposal kegiatan, kita harus menyelesaikan apa yang lebih penting terlebih dahulu.

2. Tidak Membuang-buang Waktu

Ketika kita memiliki pekerjaan sudah seharusnya kita menyelesaikannya secepat mungkin agar kita merasa tenang. Hal yang membuang-buang waktu seperti menunda pekerjaan hanya akan menambah beban kita. Mungkin kita akan merasa nyaman saat ini, namun kita akan merasa resah nantinya. Ya, dengan menunda-nunda waktu bisa membuat kita istirahat saat ini, tapi kita harus bekerja keras kemudian, bukankah lebih bagus sebaliknya?

Selain itu semakin sering kita menunda-nunda waktu akan menjadi kebiasaan yang buruk. Dan suatu hari nanti kita harus menanggung resiko dari apa yang telah kita lakukan. Sebenarnya aku sering melakukan hal ini, walau untuk suatu hal yang lain. Saat aku menulis ini, masih ada tugas sekolah yang belum aku selesaikan. Mungkin ini lebih cocok dengan poin pertama, atau bisa masuk keduanya?

3. Lakukan Dengan Kesenangan

Hal yang satu ini juga termasuk penting. Dalam melakukan sesuatu, kita sebisa mungkin mendasarinya dengan rasa suka. Dengan begitu, kita bisa mengurangi beban dan tekan dalam menjalaninya, bahkan bisa menghilangkannya. Selain itu jika memang kita senang melupakannya, kita bisa terhindar dari hal-hal buruk pada poin kedua. Akan tetapi jika kalian melakukan pekerjaan dengan rasa malas atau tidak senang, mungkin yang akan terjadi adalah sebaliknya.

4. Jangan Nanggung

Mungkin kata-kata yang tepat untuk poin yang satu ini jika kita sudah basah kenapa gak mandi sekalian. Misal saja ketika kalian ingin mendaftar di SMK dan salah jurusan bukan berarti kalian harus putar balik atau menjalaninya dengan rasa tidak senang. Kenapa tidak kita coba untuk menyenanginya saja, siapa tahu itu merupakan kehendak dari Tuhan yang terbaik. Hal ini sama seperti ketika kita ingin dikasih uang 100 ribu tapi hanya mendapat 50 ribu, kan mending diambil daripada tidak sama sekali kan? Toh walau jumlahnya lebih kecil tidak berguna.

Mungkin hanya ini yang akan kutulis untuk postingan kali ini, sudah cukup menghabiskan banyak kata juga sih. Aku sendiri belum bisa menjalani  4 poin di atas, maka dari itu mari kita mencoba mempraktekannya.  Demi tujuan yang sama, menjalani kehidupan yang baik. Mungkin jika kalian punya tambahan bisa saling berbagi di kolom komentar. Sampai jumpa.


Unknown

Kita hanyalah seorang pelajar biasa yang sedang belajar blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar