9 Hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat nge-blog



9 HAL YANG SEBAIKNYA TIDAK DILAKUKAN SAAT NGEBLOG

Image result for menulis di komputer

Hai teman – teman , gimana , masih semangat kan.. baik, siapa sih yang tidak tau blog, pasti sebagian orang sudah tau,  Ya memang Ngeblog itu tergantung selera pribadi dan sebenarnya seseorang bisa melakukan atau menulis apa saja yang dia mau. Tapi karena blog juga terkait dengan dunia sekitar (terutama pembaca), maka ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan (atau diadakan ) karena berpotensi untuk mengganggu kenikmatanpengunjung
Apa saja hal - hal yang sebaiknya tidak perlu dilakukan dalam ngeblog? Mari kita simak baik – baik...
1.       Salah ketik atau salah eja
kesalahan itu manusiawi dan sangat wajar jika seseorang salah dalam mengetik. Namun jika dalam sebuah posting ditemukan kurang lebih 5 kesalahan pengetikan, hal itu sudah mengganggu. Jika banyak kesalahan dalam mengetik, pembaca akan bertanya dalam hati “menuliskan kata saja tidak becus, bagaimana aku bisa tahu kalau yang dia bilang itu benar”, iya kan?.
Kesalahan eja juga harus dihindari, terutama ejaan dalam bahasa asing. Banyak blogger yang tergoda menggunakan istilah dalam bahasa asing agar postingannya terlihat keren. Tapi sayangnya banyak juga kesalahan dalam ejaan. Bagi pihak yang tahu, hal itu sungguh menggelikan. Jadi sebaiknya jangan tergoda menggunakan istlah asing yang anda sendiri tidak paham betul apa maksudnya. Jika masih memungkinkan, tulis saja dalam bahasa Indonesia.
Kunci mengatasi kesalahan dalam mengetik adalah dengan membaca kembali postingan sebelum di publikasikan. Untuk ejaan, jika tak yakin maka carilah kamus ejaan yang sesuai atau tanya ke “Mbah Google”.
2.       Musik otomatis
Mungkin ini salah satu yang saya sangat tidak suka, saya pernah mendatangi sebuah blog dan saya terkejut karena langsung disambut dengan sebuah lagu reagge yang terpasang secara sistematis. Bukannya saya tidak suka musik, saya suka, namun menurut saya sungguh tidak cocok membaca postingan sambil diiringi musik reagge/pop yang hingar – bingar. Ingat, tidak semua orang suka musik. Apalagi jika dia membuka blog secara diam – diam di kantor atau di saat senggang ketika si bayi sedang tidur. Coba bayangkan apa yang akan terjadi ketika seseorang yang (maunya) diam – diam ngeblog, tiba – tiba dikagetkan dengan bunyi musik otomatis yang menghentak – hentak.
3.       Huruf terlalu kecil dan berwarna
Mungkin ini terkait theme atau template yang dipilih. Namun ada beberapa blog yang hurufnya amat sangat kecil dan sukar dibaca. Huruf yang sulit/sukar dibaca cenderung membuat pembaca lari. Jadi sebaiknya pilih huruf yang normal, yang membuat pembaca merasa nyaman.
Beberapa blogger juga ada yang tergoda untuk bermain – main dengan warna pada huruf. Itu tidak salah, bahkan bisa dibilang kreatif. Namun jika terlalu berlebihan, hal itu bisa dibilang terlalu lebay, norak bahkan menggelikan. Jadi bijaklah dalam memilih warna dan huruf.
4.       Memasang (terlalu banyak) award
Memang sih, memasang banyak award pada blog akan terlihat membanggakan. Award merupakan pengakuan bahwa anda terpilih untuk sesuatu. Namun, jika sidebar blog anda dipenuhi banyak award, itu akan mengganggu proses loading. Blog akan menjadi berat dan sulit (atau lama) dibuka. Jika blog anda lama dibuka, pembaca akan cenderung berpindah ke blog lain. Award yang terlalu banyak juga akanmembuat anda sebagai blogger terlihat seperti “PRAMUKA” yang bangga dengan memamerkan penghargaan yang di dapat, (mungkin banyak blogger yang tak setuju dengan poin ini, hehehe J)
5.       Konten berulang
Ada beberapa blogger yang mengulang konten atau paragraf tertentu dari posting yang sudah pernah dibuat dan dimasukkan ke dalam posting terbaru. Ini memang tak salah, namun tidak efektif. Umumnya pembaca tidak suka membaca satu hal yang sama berulang kali. Mesin pencari juga tidak suka. Jika merasa posting yang pernah dibuat akan memperkuat posting yang sementara dikerjakan, pasang saja link. Jadi anda tak perlu mengulang dengan menulis kembali.
6.       Animasi
Di tahun 90-an, animasi mungkin akan membuat sebuah blog terlihat menarik dan atraktif. Namun sekarang zaman sudah berubah. Adanya animasi justru akan membuat blog anda terlihat menggelikan (tapi tentu saja jika anda berkeinginan keras memasang animasi ya tidak apa-apa. Itu memang hak anda J ).
7.       Background berkedap – kedip
Ya memang, ada sejumlah blogger yang tergoda untuk memasang template dengan background warna tertentu dan dilengkapi dengan cahaya berkedap - kedip. Sekilas hal tersebut memang terkesan keren dan menarik. Namun, jika berlebihan blog akan terlihat aneh atau bahkan norak, J. Blog anda bukanlah lampu kedap – kedip di malam hari. Banyaknya warna akan menyulitkan pembaca menyimak apa yang ditulis.
8.       Menjiplak konten
Nah ini nih yg sering, yaitu menjiplak konten J,  hal yang memalukan “namun banyak dilakukan” orang saat ngeblog adalah menjiplak /meng-copy paste atau mencuri konten atau posting orang lain dan mengaku – ngaku sebagai buah karya sendiri. Banyak blogger di Indonesia yang tergoda dengan cara mudah seperti ini. Harap diingat!!, saat ini sangat mudah menelusuri jika terjadi pencurian konten. Jika ketahuan, riwayat anda di jagad ngeblog berakhir sudah J. Jika merasa perlu mengutip posting seseorang, buatlah link disertai keterangan yang jelas.
9.       Memasang terlalu banyak iklan
Blog memang bisa dijadikan wahana untuk mendapatkan uang. Salah satu caranya yaitu dengan memasang iklan. tentu saja memasang iklan di blog tidak salah, sepanjang anda memasangnya dengan bijak.
Yang sering terjadi ialah para blogger tergoda untuk memasang iklan sebanyak mungkin. Bahkan ada blog sebagian besar berupa iklan dan hanya menyediakan tempat kecil untuk posting.
Harap diingat, seseorang mendatangi blog, itu karena dia ingin membaca apa yang anda tulis. Terlalu banyak iklan cenderung akan membuat pengunjung terganggu dan akhirnya tidak betah. Jadi, bijaklah dalam memasang iklan.

Waduh.. lelah juga nulis artikel sebanyak ini. Yap hanya itu yang dapat saya bagikan, terima kasih..
Semoga bermanfaat..



Unknown

Kita hanyalah seorang pelajar biasa yang sedang belajar blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar